Header Ads

ads

Loenpia Jazz 2015 'Aku Ngejazz Mergo Kowe'

7 Juni 2015 mendatang, Semarang akan diramaikan kembali dengan festival jazz tahunan bertajuk Loenpia Jazz 2015. Kegiatan yang diselenggarakan untuk keempat kalinya ini dimotori oleh Komunitas Jazz Ngisoringin, komunitas jazz di kota Semarang.

Sedangkan lokasi yang digunakan sebagai venue adalah salah satu icon Kota Semarang, Puri Maerakaca. Pada cerita pewayangan, Taman Maerakaca digambarkan sebagai taman terindah di khayangan yang dipindahkan ke bumi dengan penuh pengorbanan oleh Sukrasana atas permintaan kakaknya Bambang Sumantri. Kisah tersebut mendasari pemilihan tagline “Aku Ngejazz Mergo Kowe”. Dalam bahasa Indonesia berarti “Aku Nge-jazz karena kamu”, tagline ini berarti bahwa Loenpia Jazz dipersembahkan dengan tulus oleh Komunitas Jazz Ngisoringin untuk Kota dan seluruh warga Semarang.

Rencananya, pada festival yang berlangsung sejak pukul 12.00 WIB hingga malam hari ini, akan ada 4 buah stage yang tersebar di Puri Maerakaca dimana akan tampil musisi-musisi yang beragam pada keempat panggung itu, baik itu musisi jazz nasional seperti Barry Likumahuwa; juga kehadiran komunitas jazz dari penjuru Indonesia seperti Komunitas Jazz Kemayoran, YK Samarinda atau Komunitas Jazz Mben Senen Yogyakarta; juga akan menampilkan musisi-musisi dari Komunitas Jazz Ngisoringin sendiri seperti Rencang, Aljabar, Baroqah atau Baruch Jethroobe.

Tahun lalu, Loenpia Jazz 2014 sukses diadakan di Pecinan pada tanggal 15 Juni 2014 yang meliputi 4 buah stage selama 10 jam pertunjukan, diisi dengan 300 musisi, dan dihadiri oleh 6000 pengunjung. Keempat  stage  pun  dimeriahkan  dengan  penampilan  dari  musisi  –  musisi  jazznasional. Nita Aartsen, Bintang Indrianto, Endah n Rhesa, Adhitia Sofyan, Adrian Adi Oetomo,DAC,  Gondo  Trio, dan  Rencang feat  Olive  merupakan  sejumlah musisi  nasional  yang meramaikan Loenpia Jazz 2014. Sementara itu, komunitas – komunitas jazz dari berbagai kotapun  turut  menyemarakkan Loenpia  Jazz  2014. Tidak ketinggalan komunitas musik dan musisi-musisi Jazz asal Kota Semarang juga tampil  di  panggung Loenpia Jazz 2014.

Loenpia Jazz tahun ini akan memberikan pengalaman unik tersendiri bagi pengunjung. Dikemas dengan tema acara yang belum ada di tahun-tahun sebelumnya, yaitu tema kuliner. Di tengah kawasan Loenpia jazz, akan disajikan berbagai jenis kuliner yang akan memanjakan selera sehingga pengunjung dapat menikmati jazz dan  kuliner secara bersamaan, sebagai suatu pengalaman unik yang hanya bisa dinikmati di Loenpia Jazz 2015, dan menguatkan identitas Semarang yang sudah dikenal kaya akan budaya kulinernya.

Komunitas Jazz Ngisoringin sebagai penyelenggara acara percaya jika Loenpia Jazz dapat menjadi sesuatu yang membanggakan bagi kota dan warga Semarang, bahwa melalui jazz dan musik, para musisi dapat memberikan sumbangsih terbaik demi perkembangan budaya kota Semarang, bersinergi dengan seluruh elemen yang ada di kota semarang termasuk seluruh musisi, pengisi acara dan para pengunjung yang datang. Loenpia Jazz pada akhirnya bukan hanya sebuah pertunjukan, tetapi juga menjadi sebuah peristiwa budaya, persembahan komunitas Jazz Ngisoringin untuk kota Semarang, "Aku Ngejazz, Mergo Kowe".

(PR Loenpia Jazz 2015)

No comments